Oceanarium BXSea Bintaro. (Adinda Retno Budiarti/Warta Tangsel)

Warta Tangsel, Pondok Aren -  Bintaro Jaya Xchange Mall Tahap 2 atau BXc 2 secara telah dibuka dengan resmi pada Jumat 15 Desember 2023. Uniknya, mal ini memiliki destinasi wisata untuk keluarga sekaligus edukasi bagi pengunjung. Yaitu, Oceanarium yang bernama BXsea.


BXsea adalah destinasi wisata baru dan pertama di kawasan Tangerang Selatan untuk mengenal biota air beserta kehidupan di bawah laut. Secara lokasi, BXsea berada tepat di bawah basement yang menghubungkan Bintaro Xchange 1 dan 2.


"Kami memiliki 20 journey dengan journey yang lumayan panjang jika dibandingkan dengan akuarium di wilayah barat atau utara dengan panjang 485 meter. Lumayan panjang dan kami klaim terpanjang se-Indonesia,” kata Manajer Pengelola Oceanarium BXSea Bintaro Jaya Sri Agung Agus P.


Selain itu, daya tarik lain di BXSea Bintaro yaitu terdapat dome yang diklaim terbesar di Indonesia dan terowongan dengan ukuran terbesar di Asia Tenggara. Kemudian, BXsea juga mempunyai 140 spesies dengan 54 display akuarium, terdiri atas fresh, sea water aquarium, dan terarium.


Oceanarium BXSea Bintaro. (Adinda Retno Budiarti/Warta Tangsel)

Pada tahap awal, kata Agung, pihaknya memiliki hingga sekitar 17.000 biota laut dan akan dilengkapi menjadi 25.000 biota laut saat grand opening pada Maret 2024 mendatang.


Adapun salah satu keunikan akuarium BXsea yang memilik tagline 'Xtraordinary Xperience at Sea and Forest', juga mempunyai Exotic Rain Forest atau hutan hujan tropis seperti di Pulau Kalimantan.


“Jadi kami akan memasukkan biota serta satwanya bertahap, mudah-mudahan di akhir Desember 2023 ini kita bisa memasukkan sekitar 17 ribuan dan ketika kondisi airnya sudah matture di bulan Maret kita akan melengkapi sampai 25 ribu biota,” jelasnya.


Oceanarium BXSea Bintaro. (Adinda Retno Budiarti/Warta Tangsel)

Lokasi dan Waktu Operasi


BXSea berlokasi di dalam Bintaro Jaya Xchange Mall 2, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten. Tepatnya berada di lantai B1-B2.


BXSea buka setiap hari, Senin-Minggu, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, termasuk hari libur.


Adapun pembelian tiket dan jam buka pintu masuk terakhir dilakukan pada pukul 21.00 WIB atau satu jam sebelum penutupan.


Oceanarium BXSea Bintaro. (Adinda Retno Budiarti/Warta Tangsel)

Harga Tiket BXSea


Jika tertarik berkunjung ke BXSea, harga tiket terbagi menjadi tiga kategori yaitu reguler atau individu, grup, dan VIP. Untuk tiket reguler terbagi menjadi dua yaitu short journey atau long journey:


  • Short Journey Weekdays: Rp 85.000
  • Short Journey Weekend: Rp 95.000
  • Long Journey Weeekdays: Rp 150.000
  • Long Journey Weekend: Rp 175.000


Sedangkan untuk harga tiket rombongan di BXsea, sebagai berikut:

  • Long Journey Weekend mulai Rp 145.000
  • Long Journey Weekday mulai Rp 135.000.

Oceanarium BXSea Bintaro. (Adinda Retno Budiarti/Warta Tangsel)

Untuk harga tiket VIP Weekdays mulai Rp 200.000 dan VIP Weekend mulai Rp 225.000. Tiket ini mendapatkan 20 area dan ditemani pemandu.

Tiket BXSea Bintaro dapat dibeli secara online melalui laman resminya atau langsung di tempat. Pembayaran bisa dilakukan dengan cashless, termasuk QRIS.

Adapun perbedaan antara tiket Short Journey dan Long Journey Pengunjung dengan tiket Short Journey akan mendapatkan delapan area. Mulai dari Main Lobby, Freedom of Sea, Freedom of Sea, Hide & Seek, Seahorse Empires, Exotic Fish, Schooling fish, dan Shark Domination.

Sedangkan tiket Long Journey pengunjung akan mendapatkan total 20 area. Ada Main Lobby, Freedom of Sea, Freedom of Sea, Hide & Seek, Seahorse Empires, Exotic Fish, Schooling fish, Shark Domination, Tropical Beauty, Behind the sea, Tropical rainforest.

Lalu Mangrove Zone, Feel of Sea, King of River, Children's playground, Invinity Jellyfish, Function room, The Sea Wonder, Theatre of Sea, dan Yellow Submarine.



Penulis : Muhammad Miko Prayoga