Foto istimewa


Warta Tangsel - Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta ke-19, yang diselenggarakan dengan dukungan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta – Kemendikbudristek RI, menjadi panggung bagi diskusi tentang pembaruan teknologi dalam dunia pendidikan tinggi. 

Mutu-perguruantinggi.id, sebuah platform inovatif, terlibat aktif dalam forum dan diskusi yang menyoroti prospek pemutakhiran teknologi pendidikan. Acara berlangsung meriah pada tanggal 10-12 Januari 2024, di Gedung Prajurit Expo – Balai Kartini Jakarta, dihadiri oleh lebih dari 100 perguruan tinggi.

Tanggal 10 Januari 2024, menjadi momen penting di mana mutu-perguruantinggi.id memberikan paparan mengenai kondisi dan tantangan terkini bagi perguruan tinggi melalui "Forum Tata Kelola Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Terintegrasi" dengan sub-tema 
"Mitra Penjaminan Mutu Raih Akreditasi Unggul dan Internasional." Acara ini dihadiri oleh perwakilan perguruan tinggi di bawah LLDIKTI Wilayah III –Jakarta dan sekitarnya.

Sebagai mitra pengembangan penjaminan mutu perguruan tinggi, mutu-perguruantinggi.id membawa inovasi baru dalam dunia penjaminan mutu, fokus pada peningkatan efektivitas dan relevansi sistem pendidikan tinggi. 

Bela L. Dwireja, Chief Business Development Officer mutu-perguruantinggi.id, menjelaskan, "mutu-perguruantinggi.id sebagai pusat informasi dan layanan Mitra Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi menjadi platform one-stop solution yang berinovasi menghadirkan 12 Program Mitra Mutu sebagai layanan Penjaminan mutu yang disertai dengan berbagai metode, sehingga dapat dijangkau oleh berbagai perguruan tinggi se-Indonesia dengan beragam kondisi yang berbeda."

Kehadiran mutu-perguruantinggi.id dalam dunia pendidikan tinggi diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi perguruan tinggi di Indonesia dalam mendapatkan akses informasi dan layanan dalam pelaksanaan peningkatan mutu perguruan tinggi. 

Lebih dari 300 perguruan tinggi di Indonesia telah bergabung dengan mutu-perguruantinggi.id, menciptakan 
ekosistem budaya mutu pada sektor pendidikan yang mendukung pertukaran ide dan praktik terbaik antar Perguruan yang dihadirkan oleh individu dan profesional yang berpengalaman dibidangnya melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh mutu-perguruantinggi.id.

Berbagai PROGRAM MITRA PENJAMINAN MUTU yang dimaksud, mencakup kolaborasi dalam berbagai bidang seperti ISO 21001, ISO 9001, SPMI, AMI, Tata Kelola Laboratorium Pendidikan hingga Terakreditasi KAN (ISO/IEC 17025), pengembangan kurikulum, IT & Cyber Security (Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001), Zona Integritas dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (ISO 37001), Kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan, Program Mutu Lulusan, Pengembangan Unit Bisnis, UI Green Metric, serta Persiapan Akreditasi baik Nasional maupun Internasional.

Layanan berbasis IT seperti AMI DIGITAL, Tanya Pakar, Kelas LMS Penjaminan Mutu, dan Klinik Penjamu menjadi sorotan utama dengan kemajuan teknologi yang dapat mendukung penjaminan mutu di perguruan tinggi. 

Harapannya, layanan ini memberikan manfaat bagi para personel perguruan tinggi dalam melaksanakan tugasnya dengan lebih efisien dan fleksibel.

AMI DIGITAL: Sistem IT yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses evaluasi sistem penjaminan mutu internal (SPMI) Program Studi yang diadakan oleh perguruan tinggi. Program studi akan diberikan kemudahan dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal yang dilaksanakan secara berkelanjutan serta mendapatkan visualisasi proyeksi akreditasi yang akan didapatkan, peluang peningkatan skor akreditasi, dan rekomendasi peningkatan dari auditor internal 

Tanya Pakar: Program konsultasi eksklusif yang melibatkan berbagai pakar ahli dalam menangani berbagai permasalahan dan kebutuhan di perguruan tinggi.

Kelas LMS Penjaminan Mutu: Fitur yang mendukung kegiatan program pembelajaran melalui Learning Management System (LMS) bebas akses 24 jam oleh dosen maupun tenaga kependidikan.

Klinik Penjamu: Program konsultasi ekslusif bersama pakar untuk mengetahui kondisi terkini perguruan tinggi dan mendapatkan rekomendasi perbaikan serta peningkatan Mutu-perguruantinggi.id terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada perguruan tinggi dan mendukung Indonesia Emas 2045 SDM Unggul melalui Peningkatan Mutu pada Pendidikan. Dengan berbagai program pelatihan, pendampingan, sertifikasi kompetensi dosen dan tendik, pelatihan mahasiswa/kompetensi lulusan, dan digitalisasi kampus, menjadi alasan bagi institusi.

(Red)