TPS Unik di Pamulang Bertema Pejuang Demokrasi (Foto : Krisda Tiofani)

Warta Tangsel - Tempat pemungutan suara (TPS) 147 di Cendana Residence, Pondok Benda, Tangerang Selatan, mengusung tema unik. Sebanyak sembilan petugas KPPS di TPS bertema "Pedjoang Demokrasi" ini menggunakan seragam bergaya Pejuang Tanah Air (PETA). "Kita tidak mungkin merdeka tanpa perjuangan pahlawan-pahlawan terdahulu. Kami mau mengambil konsep tempo dulu," ujar Erik, petugas KPPS di TPS 147 Tangerang Selatan saat ditemui Warta Tangsel, Rabu (14/2/2024).


Ide TPS unik ini sudah ada sejak dua minggu sebelum Pemilu. Sejak itu, para petugas menyiapkan dekorasi sesuai konsep yang disepakati. Mulai dari dekorasi plang TPS, bilik suara dari anyaman bambu, poster pahlawan, alunan musik nasional, dan suvenir disiapkan para petugas. "Poster-poster itu kalau dibaca kayak museum, bisa dilihat dan dibaca semua orang sebelum mencoblos," ujar Erik Warga juga bisa antre berfoto di spot photobooth dengan atribut senjata mainan dan menikmati camilan tradisional yang tersedia. Soal dana, lanjut Erik, petugas mengumpulkan dari kocek pribadi untuk membeli kebutuhan dekorasi TPS. Sebab, hanya ada anggaran pemasangan tenda dari KPU.


"Besar dananya belum kami kalkulasi, tetapi satu orang menyumbang sekitar Rp 200.000," kata Erik. Petugas memiliki peran masing-masing untuk menyiapkan dekorasi yang direncanakan. Erik mengatakan, tujuan utama mendekorasi TPS ini adalah menarik minat masyarakat untuk datang dan menggunakan hak suaranya. Harapan tersebut pun disambut baik, terlihat dari banyaknya warga yang datang. "Pas ketemu masyarakat yang mencoblos, responsnya positif semua dan mengapresiasi apa yang kami buat," kata dia. Ada 261 DPT tercatat di TPS ini dan pemungutan suara sudah berlangsung sejak pukul 07.30 WIB.


Penulis : Muhammad Miko Prayoga