Banten International Stadium menjadi salah satu stadion megah yang terlantar di Indonesia. (Instagram @stadiumdbcom)

Warta Tangsel - Indonesia memiliki sejumlah stadion megah berstandar internasional, sayangnya, sebagian di antaranya malah terabaikan dan terlantar.

Deretan stadion megah ini, termasuk Banten International Stadium, menjadi saksi bisu dari impian yang terhenti dan kebanggaan yang terlupakan.

Meskipun pernah dirancang untuk menjadi pusat kegiatan olahraga yang diandalkan, kini keberadaan stadion megah ini hanya terasa sebagai bayangan masa lalu yang menyedihkan.

Mari kita telaah lebih dalam sejumlah stadion megah di Indonesia yang kini nasibnya terlantar, melansir dari YouTube GoodStadium.

1. Banten International Stadium

Stadion ini baru diresmikan pada Mei 2022 dengan anggaran Rp874 miliar. Sayangnya, setelah lebih dari satu tahun diresmikan, stadion ini belum pernah digunakan untuk event apapun.

Biaya pemeliharaannya yang tinggi, akses jalan yang buruk, dan regulasi pengelolaan yang belum jelas membuatnya tetap kosong.

Dua klub yang tertarik menggunakan stadion ini, Rans Nusantara FC dan Dewa United batal karena akses jalan dinilai buruk dan dapat menimbulkan kemacetan.

Jika tidak segera dimanfaatkan, Banten International Stadium bisa menjadi stadion terbengkalai di Indonesia.

2. Stadion Lakidende Kendari

Stadion Lakidende di Kendari, Sulawesi Tengah, direncanakan menjadi stadion megah berkapasitas 25.000 penonton.

Namun, pembangunannya mandek karena lahan bersengketa dan dugaan praktik korupsi.

Stadion megah ini kini terbengkalai, ditumbuhi lumut dan semak di mana-mana.

Belum ada kejelasan kapan stadion ini akan dilanjutkan.

3. Stadion Palaran

Stadion Palaran, atau Stadion Utama Kaltim, di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, dibangun megah untuk PON 2008.

Setelah PON selesai, stadion ini dibiarkan terbengkalai karena kurangnya minat klub bermarkas di sana.

Lokasinya yang terlalu jauh dari pusat kota dan akses yang kurang memadai membuatnya terlantar. Pemerintah daerah kesulitan untuk menghidupkannya kembali.

4. Stadion Jember Sport Garden (JSG)

Stadion JSG, terletak di kecamatan Ajung Jember, Jawa Timur, dibuka pada tahun 2015 dengan anggaran mencapai Rp200 miliar.

Sayangnya, stadion ini hanya digunakan beberapa kali karena beberapa alasan, seperti kondisi rumput yang tidak ideal untuk sepak bola, biaya perawatan yang tinggi, dan lokasi yang kurang strategis.

Pemkot Jember berusaha menghidupkannya dengan membuka untuk digunakan oleh klub lokal Jember di kasta Liga 3 dan menjadikannya kawasan JFD pada akhir pekan.

5. Stadion Utama Sumatera Barat

Stadion ini direncanakan menjadi stadion utama untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, tetapi Sumatera Barat kalah dalam pencalonan menjadi tuan rumah.

Stadion yang sudah terlanjur dibangun ini mangkrak karena kekurangan dana untuk melanjutkan pembangunannya.

Kondisi bangunan yang terbengkalai tampak memprihatinkan dengan warna bangunan yang semakin menghitam.

Stadion ini menunggu suntikan dana agar tidak semakin terbengkalai, dan diperkirakan masih membutuhkan satu triliun rupiah lagi untuk diselesaikan.

Demikianlah kelima stadion megah yang saat ini terlantar di Indonesia, diakibatkan oleh kurang matangnya perencanaan dan mahalnya biaya perawatan. Semoga kedepannya, stadion-stadion ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk masyarakat luas.

 

Penulis : Cecev Handoyo

Editor : Muhammad Miko Prayoga