Mahasiswa asal Bandung menggelar aksi unjuk rasa di depan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (18/3/2024). Dalam orasinya mereka mengkritisi kinerja Jokowi lewat sejumlah atribut, mulai dari spanduk hingga boneka pocong. 


Warta Tangsel - Berdiri di atas mobil komando, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Pasundan menggerilyakan kritik pedasnya di akhir pemerintahan Presiden Joko Widodo.


Mereka juga membawa spanduk bertuliskan 'Demokrasi Dikebiri karena Dosa-Dosa Jokowi'.


Tak sampai di situ, mahasiswa yang mengenakan almamater berbeda-beda itu juga membakar sejumlah ban tepat di depan kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (18/3/2024).


Beberapa atirubut seperti boneka pocong bergambar wajah Jokowi juga ditidurkan tepat di depan titik pembakaran ban.


Bahkan, salah satu mahasiswa yang mengenakan almamater merah nampak mengambil boneka pocong tersebut dan mengangkatnya tinggi-tinggi.


Kemudian, dia berputar mengelilingi massa aksi yang semuanya merupakan mahasiswa asal Bandung.


Mulai dari Unpad, UIN Bandung, Unikom, Unisba, Unjani, dan lain sebagainya.


Dari yang diorasikan, diketahui bahwa para mahasiswa itu mengkritisi soal merosotnya demokrasi di akhir kepemimpinan Jokowi.


Tak hanya demokrasi yang dicederai, berbagai isu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang dutangani Jokowi juga dipandang merosot.


"Melalui indikasi keberpihakan, pelanggaran hingga kecurangan dalam praktik dan kontestasi pemilu yang memicu berbagai permasalahan yang dirasakan secara langsung oleh masyarakat," kata salah satu orator di atas mobil komando.


"Kenaikan harga bahan pokok akibat dari malpraktik hingga politisasi bansos yang dipertontonkan secara langsung kepada masyarakat," katanya lagi.


Sementara itu, para mahasiswa dari bumi pasundan yang menamai aksinya dengan 'Jakarta Lautan Api' itu juga mendapatkan pergolakan dari massa tandingan yang juga melakukan aksi di sekitar patung kuda.


Kondradiksi dengan tuntutan yang dilayangkan mereka, masa aksi tandingan terkesan mendukung Jokowi dan mendesak agar hasil Pemilu 2024 yang memenangkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka segera diumumkan.


Adapun terkait arus lalulintas di sekitar lokasi nampak lancar dan tidak ada penutupan jalan. (m40).


Penulis : Muhammad Miko Prayoga