Lonjakan volume sampah pasca Lebaran di Kota Tangsel /Pikiran Publik Warta Tangsel  (Foto: ANTARA)

Warta Tangsel - Kondisi lingkungan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten, menjadi perhatian setelah mencatat lonjakan volume sampah hingga mencapai 600 ton per hari pasca perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Tubagus Aprilliadhi mengonfirmasi bahwa lonjakan signifikan terjadi pada Hari Raya H-1 hingga H+2, di mana volume sampah melonjak 20 persen dari biasanya yang berada dalam rentang 500-600 ton kubik per hari.

"Dalam situasi ini, kami telah mengatur penanganan sampah dengan mengalokasikan tugas dan shift bagi petugas kebersihan, meskipun ada beberapa petugas yang izin cuti. Meski demikian, kami tetap memastikan bahwa proses pengangkutan sampah tetap berjalan secara bertahap," ujar Aprilliadhi.

Aprilliadhi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membuang sampah, karena kesadaran akan menjaga lingkungan menjadi kunci kelestarian Kota Tangsel. Ia menegaskan bahwa persoalan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, melainkan juga tanggung jawab setiap individu untuk bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkannya.

"Dengan berkolaborasi dalam menangani masalah sampah, diharapkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya akan semakin meningkat, sehingga masalah lingkungan dapat diminimalisir," katanya.


Penulis : Muhammad Miko Prayoga
Editor : Muhammad Miko Prayoga